Beranda > MySQL > Mengoptimalkan ACID compliant InnoDB

Mengoptimalkan ACID compliant InnoDB

mysql_logoPara pengguna InnoDB mungkin masih banyak yang asing dengan ACID complaintnya InnoDB (khususnya yang masih pemula seperti saya). ACID Complaint sebenarnya merupakan salah satu keunggulan yang dimiliki InnoDB yang tidak dimiliki oleh saudaranya MyISAM.

ACID Complaint memiliki fungsi untuk membatalkan penulisan data apabila saat penulisan data terjadi error, arus mati, dan sebagainya. Hal ini dilakukan untuk menjaga validasi sebuah data.

Oleh sebab itu untuk mengoptimalkan ACID complaint InnoDB kita harus mematikan write-behind cache dari OS yang disediakan untuk mempercepat penulisan data.

Mungkin anda bertanya-tanya kenapa write-behind cache harus dimatikan (didisablekan), bukankah itu untuk mengoptimalkan penulisan data?

Ya betul sekali write-behind cache memang dibuat untuk mengoptimalkan penulisan data, tetapi sebenarnya prosesnya adalah sebagai berikut: Data yang ditulisi itu tidak langsung ditulisi kedalam Harddsik, tetapi Data ditulisi sepenuhnya ke dalam cache memory dan apabila Harddisk dalam keadaan idle maka data akan dituliskan langsung ke dalam Harddisk. Tetapi dari OS telah mengirimkan sinyal bahwa data telah ditulisi dengan baik. 

Ini menguntungkan bagi user biasa, karena proses copy data lebih cepat.
Anda mungkin bisa merasakan perbedaan kecepatan penulisan data pada flashdisk yang write-behind cachenya hidup (flashdisk defaultnya mati). tetapi
Hal ini sangat berbahaya bagi server database, Bila data yg mau ditulis ditunda (delay) oleh OS, dan listrik mati saat itu, data tidak akan pernah ditulis. Tapi OS sudah terlanjur memberikan sinyal bahwa data sudah selesai ditulis, dan server database menganggap transaction selesai.

Oleh sebab itu lebih dianjurkan untuk menonaktifkan write-behind cache pada Komputer Server.

Cara menonaktifkannya adalah :

  1. Klik kanan pada drive yang dikehendaki
  2. Pilih properties
  3. Pilih Tab Hardware
  4. Klik Button Properties
  5. Pilih Tab Policies
  6. Uncheck Enable write caching on the disk
  7. Klik Ok => Ok.

STEP-A

STEP-B

STEP-C

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: