Beranda > Windows > Melakukan koneksi jaringan wireless tanpa router

Melakukan koneksi jaringan wireless tanpa router

Saya akan mencoba membagi cara melakukan Pengaturan Jaringan Wireless Ad Hoc. cara-cara yang tertera dibawah hanya khusus untuk jaringan wireless saja, dan tidak akan berfungsi pada jaringan yang menggunakan kabel.

Ad hoc adalah sebuah istilah dari bahasa Latin yang populer dipakai dalam bidang keorganisasian atau penelitian. Istilah ini memiliki arti “dibentuk atau dimaksudkan untuk salah satu tujuan saja” atau sesuatu yang “diimprovisasi”.

Jaringan Wireless Ad Hoc, memungkinkan kita melakukan koneksi antar komputer tanpa menggunakan router. Dan tentu saja anda juga bisa melakukan sharing data, printer, bahkan koneksi internet antar komputer yang terhubung kedalam jaringan ini.

Note : Menurut dokumentasi jaringan Ad-Hoc hanya bisa melakukan koneksi sampai dengan 9 client, dengan catatan bahwa pengiriman data dilakukan secara langsung antar komputer. Kelemahan lainnya adalah jangkauan wireless yang sangat terbatas, sehingga untuk jangkauan yang lebih baik anda harus menggunakan router.

Untuk jelasnya perhatikan diagram di bawah ini :

Penentuan IP Address.

Sebelumnya, anda harus terlebih dahulu menentukan IP Address pada masing-masing komputer, IP address tersebut haruslah berbeda, contohnya apabila anda memiliki 4 (empat) komputer, maka anda bisa menggunakan IP seperti berikut secara berturut-turut: 192.168.0.1 ; 192.168.0.2 ; 192.168.0.3 ; 192.168.0.4

Pengaturan Pada Komputer Host (Induk)

  1. Anda harus terlebih menentukan salah satu komputer untuk menjadi host (Induk), dan lakukan klik kanan pada wireless adapter dan kemudian pilih Properties.
  2. Wireless Network Connection Properties akan ditampilkan. kemudian klik tab Wireless Networks, lakukan check list pada Use Windows to configure my wireless network settings. Setelah itu klik tombol Advanced.

  3. Setelah Window Advanced ditampilkan, lakukan pilihan pada opsi Computer-tocomputer (ad hoc) networks only. Dan kemudian klik Close.

  4. Setelah itu pilih tombol Add untuk menambahkan Jaringan Ad hoc.

  5. Isi Network-name sesuai dengan keinginan anda, kemudian terlebih dahulu menggunakan Open Authentication tanpa Enkripsi, dan klik tombol Ok. Penggunaan Open Authentication tanpa Enkripsi dilakukan adalah untuk mempermudah dalam mengetesan, dan apabila setelah berhasil melakukan koneksi anda hanya perlu mengaktifkan WPA atau WEP untuk Authenticationnya.

  6. Dengan ini terlihatnya jaringan Ad hoc yang baru saja anda buat, maka pengaturan untuk komputer Host telah selesai.

Pengaturan Pada Komputer Client

  1. Untuk komputer-komputer lain yang kita gunakan sebagai Client, anda hanya perlu melakukan konfigurasi pada Wireless adapter anda menjadi use windows to configure its network settings, dan kemudian berikan check list pada Computer-to-computer (ad-hoc) networks only. dan untuk selanjutkan ikuti langkah no. 2 dan no. 3 pada pengaturan komputer host diatas.
  2. Kemudian klik kanan pada wireless adapter anda dan pilih View available wireless networks, dan anda akan menjumpai jaringan ad-hoc yang telah anda buat, kemudian klik tombol Connect.

Selamat mencoba.🙂

NB : Apabila anda telah mengaktifkan Internet Connection Sharing pada kopmuter host, anda hanya perlu mengatur setiap komputer client untuk menggunakan Obtain an IP address automatically, kemudian secara otomatis komputer-komputer client tersebut juga akan terkoneksi ke Internet.

Untuk cara pengaturan untuk Mac OS dan Windows Vista klik saja di sini

  1. Marji
    November 1, 2009 pukul 11:03

    THNAKS

  2. Januari 2, 2010 pukul 12:59

    coba dunk di ubuntu, trims.

  3. Febri TKJ
    Februari 22, 2010 pukul 14:53

    Wah terimakasih bnyk mas, klw boleh tau Ad hoc itu apa kepanjangany ya . . . ?

  4. Deni
    Agustus 15, 2010 pukul 12:19

    klo menggunakan wireless biasa, biasa nya jangkauan nya berapa jauh ?

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: